Senin, 11 April 2011

Pengaplikasian ogre dan konfigurasinya

Pengaplikasian pada OGRE dengan Eclipse

1. Buka Eclipse
2. Kemudian buat project baru dengan menekan alt + shift + n lalu pilihlah C++ project dan perhatikan gambar berikut:


  
3. Isikan nama project pada Project Name, lalu pilih Project Type dengan Hello World C++ Project, uncheck pilihan show project types and toolchains… lalu pada bagian Toolchains pilih MinGW kemudian klik finish.

4. Jika berhasil maka pada bagian Project Explorer akan muncul sebuah hirarki seperti ini :
1.   


5. Tekan ctrl+F11, maka pada bagian console akan muncul output seperti ini :



5.  Lalu selanjutnya kita akan membuat sebuah project aplikasi 3D yang memanfaatkan OGRE.

6. Ulangi langkah 9, lalu pada langkah berikutnya pilih Empty Project dengan Toolchains MinGW.

7. Lalu klik project yang dibuat pada langkah 13, pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter maka Properties akan terbuka.

8. Arahkan kebagian C/C++ Build Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.

9. Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.


10. Mash pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.


11.Masuk kebagian sourcecode, masukkan sourcecode berikut untuk testing :

#include "ExampleApplication.h"

class BelajarOgre : public ExampleApplication {
public:
    BelajarOgre(){

    }

    ~BelajarOgre(){

    }
protected:
    void createScene(void){
    //mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen
    mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));
    //Entity ad objek yg bs dirender discene
    Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity("Robot","robot.mesh");
   
       
SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode");

    //attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot
    node1->attachObject(ent1);
    }
};

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
#define WIN32_LEAN_AND_MEAN
#include "windows.h"

INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)
#else
int main(int argc, char **argv)
#endif
{
    //bikin objek aplikasi
    BelajarOgre app;
    try {
        app.go();
    } catch (Exception e) {
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
        MessageBox(NULL,e.what(),"Terjadi Error!",MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);
#else
        fprintf(stderr,"Terjadi Error = %s\n",e.what());
#endif
    }
    return 0;
}

12. Build project tersebut, dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg maka isinya sbb :

# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=../../../Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=../../../Media
FileSystem=../../../Media/fonts
FileSystem=../../../Media/materials/programs
FileSystem=../../../Media/materials/scripts
FileSystem=../../../Media/materials/textures
FileSystem=../../../Media/models
FileSystem=../../../Media/overlays
FileSystem=../../../Media/particle
FileSystem=../../../Media/gui
FileSystem=../../../Media/DeferredShadingMedia
Zip=../../../Media/packs/cubemap.zip
Zip=../../../Media/packs/cubemapsJS.zip
Zip=../../../Media/packs/dragon.zip
Zip=../../../Media/packs/fresneldemo.zip
Zip=../../../Media/packs/ogretestmap.zip
Zip=../../../Media/packs/skybox.zip

13. Ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK anda dalam hal ini isi resource.cfg milik saya menjadi:

# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\fonts
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\programs
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\scripts
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\textures
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\models
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\overlays
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\particle
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\gui
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\DeferredShadingMedia
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\cubemap.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\cubemapsJS.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\dragon.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\fresneldemo.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\ogretestmap.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\skybox.zip

14.  Savelah file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project anda khusunya direkori nama_workspace\nama_project\Release, misalkan milk saya 3d-programming\Tutor1\Release.

15. Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe maka akan muncul dialog seperti ini,


16. Disini kita mengkonfigurasi output yang ditampilkan, tekan OK, maka hasilnya adalah sbb:


Sumber : Modul LAB TI



0 komentar:

Posting Komentar